SNIPER SKILL BUILD LEVEL 90

SNIPER SKILL BUILD LEVEL 90


     Saya sudah bilang sebelumnya, kalau DN SEA Cap 90 bakal lebih susah untuk Update Blog. Sampai sekarang saja saya masih belum sempat Leveling. Kayanya sih mulai Leveling selasa atau kamis depan. Saya juga sadar kalau masih banyak Skill Build yang belum saya bahas di Blog, tapi sampai sekarang hanya sanggup bahas 1 Skill Build/hari berdasarkan hasil Polling. Itu saja di beberapa Skill Build terakhir ngetiknya buru-buru dan dipersingkat dan pasti akan banyak salahnya. Oleh karena itu, saya terima kasih kepada teman-teman yang mengkoreksi dan memberikan saran untuk setiap Skill Build.
     Pemenang hasil Polling kali ini adalah Sniper. Job ini kabarnya menjadi TOP DPS di Cap 90 ini. Saya juga setuju sih, tetapi Sniper juga memiliki DPS yang kurang konsisten. Damagenya akan berbeda cukup jauh untuk setiap ukuran boss. Hal tersebut dikarenakan Skill DPS utamanya yaitu Wind Shot sangat bergantung pada ukuran boss. Selain Wind Shot, dua Skill DPS lainnya pun lumayan tergantung pada ukura boss seperti Arrow Shower dan Aerial Chain Shot. Dengan ketidak konsistenan DPS Sniper ini, job lain tidak perlau khawatir atau berbondong-bondong membuat Sniper. Saya memberi saran sih, jangan selalu mencari Job dengan DPS terbaik tapi carilah Job yang membuat kalian nyaman bermain.

Camping sebelum Leveling

Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI / ECJ
Earring + Necklace: AGI + VIT

Note: Di DN SEA, High Grade ECJ sudah -15% Element. Jika kalian menggunakan ECJ dan % Elementnya lebih dari 20% maka menggunakan ECJ juga tidak masalah.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Bear

Skill Build
Seperti biasa kita lihat tabel Potensi DPSnya dulu:
Note:
1. Gear/Equip yang digunakan sama dengan Analisis Bowmaster Class
2. Critical Break tidak diperhitungkan

Build PVE

Magic Arrow
Magic Arrow memiliki DPS lebih baik dibandingkan dengan Twin Shot. Potensi DPSnya masih bisa lebih besar lagi jika musuh berukuran besar/sangat besar.

Multi Shot 
Bisa kalian gunakan untuk Armor Break.

Charge Shot
Skill ini Wajib Max karena akan mempengaruhi besar/kecilnya damage Wind Shot kamu.

Aerial Chain Shot
Damage level 18 dengan 16 tidak terlalu jauh, jadi tidak perlu Max.

Siege Stance
Skill dengan DPS terbaik di Line Sniper. Siege Stance juga merupakan INS Skill di Level 90. Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya lebih besar lagi.

Arrow Shower
Sama denan Aerial Chain Shot, damagenya level 13 dengan 11 tidak berbeda jauh.

Arrow Barrage vs Revolution Ballista
Potensi DPS di atas itu sudah Full Buff termasuk +50% damagenya. Tetap saja DPS Arrow Barrage tidak bisa mengalahkan Revolution Ballista (Artillery). Sudah kalah potensi DPS, Arrow Barrage juga masih kalah di Area Serangan. Oleh karena itu, saya rasa Revolution Ballista lebih cocok untuk PVE.

Swift Shot vs Guided Shot (Tracking Arrow)
Kedua Skill Artillery ini memiliki Potensi DPS terbaik diantara yang lainnya. Sebagian orang lebih menyukai Guided Shot karena lebih simpel dan tidak perlu mencari-cari posisi, tetapi saya lebih menyukai Swift Shot. Secara DPS Swift Shot unggul 4x lipat dibandingkan dengan Guided Shot. Hanya saja kalian perlu mencari posisi yang tepat dalam menggunakannya. Kalian harus benar-benar berdekatan dengan Musuh untuk mendapatkan Hit yang lebih banyak. Tentunya itu sangat beresiko, terutama bagi yang belum terbiasa menggunakannya (bisa-bisa kena pukul Musuh).

Bulls Eyes
Kenaikan Level Skill tidak menambah persantase Debuffnya, jadi cukup hanya level 1 saja.

Ankle Shot
Potensi DPS Ankle Shot terlalu kecil untuk membantu DPS Sniper, sehingga saya memutuskan untuk tidak menaikannya. Lagipula ini adalah Build PVE jadi Ankle Shot agak kurang diperlukan di Nest atau Raid.

Stunning Shot
Ini Build Sniper PVE bukan Artillery PVE jadi tidak butuh Stunning Shot.

Cheating Point
Cheating Point memiliki DPS yang rendah sekali. Alasan saya MAX supaya Buff Final Damagenya lebih lama.

Build Hybrid
Build yang digunakan untuk PVE atau PVP


Sniper Line
Saya masih memfokuskan DPS Skill di Sniper Line dengan pengurangan level beberapa Skill seperti Charge Shot dan Aerial Chain Shot.

Tracking Arrow vs Swift Shot
Pada Build Pure PVE mungkin Swift Shot bisa menang jauh, tetapi untuk Hyrbid saya lebih memilih Tracking Arrow.

Ankle Shot
Kali ini Ankle Shot saya naikan karena saya berguna di PVP.

Build PVP

Buildnya hampir mirip dengan Hybrid tetapi ada beberapa perbedaan

Magic Arrow
Rasanya terlalu berlebihan menaikan Magic Arrow level 21 di PVP. Ide saya sedang buntu untuk mengalokasikan Skill Point kemana lagi.

Willow Kick
Pada level 6 akan ada mini tornado di sekitar kita dan bisa menarik musuh yang terjatuh/diam di dekat kita untuk diangkat ke udara.

Charge Shot 
Skill ini memiliki damage dan area yang besar di PVP. Bisa digunakan untuk mencicil musuh dari jauh.

Aerial Chain Shot
Dengan ukuran Char yang kecil, saya rasa tidak akan mungkin untuk bisa Full Hit di PVP. Selain itu, Skill Pointnya bisa digunakan untuk Skill yang lebih berguna di PVP.

Siege Stance
Sama dengan Charge Shot, jangkauan skillnya sangat jauh sehingga bisa digunakan untuk menyerang musuh dari jauh.

Arrow Shower
Sebenarnya Arrow Shower juga tidak mungkin bisa Full Hit, tetapi perbedaan damage antara level 1 dan 11 di Ladder lumayan terasa. Skill ini biasanya saya gunakan jika Angkle Shot berhasil mengenai musuh.

Tracking Arrow
Di PVP, Tracking Arrow lumayan mengesalkan untuk Job-Job yang tidak memiliki Tower, Relic atau Summon lainnya.

Stunning Shot
Berguna untuk men-stun musuh. Biasanya setelah terkena Stun langsung Cast Charge Shot atau Ankle Shot.

Skill Heraldry
PVE:
1. Cheating Point (cooldown)
2. Aerial Chain Shot (damage)
3. Charge Shot (action speed)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Swift Shot (damage), Revolution Ballista (cooldown), Sylph Aid

Note: Banyak perubahan untuk Skill Heraldry, tolong koreksi saya jika ada yang salah ya.

Hybrid:
1. Cheating Point (cooldown)
2. Charge Shot (action speed)
3. Aerial Chain Shot (damage)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Tracking Arrow (damage), Revolution Ballista, Ankle Shot (cooldown), Sylph Aid

PVP
1. Cheating Point (cooldown)
2. Charge Shot (action speed)
3. Ankle Shot (cooldown)
4. Critical Break (activation rate)
Optional: , Arrow Shower, Tracking Arrow (damage), Revolution Ballista (cooldown)

0 comments: