BARBARIAN SKILLNBUILD LEVEL 90

BARBARIAN SKILL BUILD LEVEL 90


   Sudah hari ke-3 Cap 90  pun saya masih belum semangat leveling. Soalnya ada peluang banjir Gold di awal Cap 90 ini. Saya tidak tahu ini murni kesalahan GM atau memang sistem terbarunya seperti itu. Pokoknya 3 hari ini malah farming Gold bukannya leveling, hehehe (pemain DN SEA pasti ngerti nih). Eits malah bahas masalah sensitif kaya Gold, nanti banyak yang nanya lagi :P.
   Post kali ini saya akan membahas mengenai Barbarian Skill Build Level 90. Char yang saya benci ini tiba-tiba menjadi populer di Cap 80. Bencinya itu lebih ke arah iri hati dan penyesalan (hehehe) karena lihat damage Circe Swing Fury yang luar biasa. Saya menyesal sih tidak pernah memperhatikan/Gear Barbarian karena dari awal lebih fokus ke job tante (Sorceress Class) dan job yang jarang peminat. Saya sih tipikal orang yang tidak mudah terbawa arus (pembelaan diri). Jadi ketika Barbarian sedang Trend, saya malah Gear Up Lancea dan Kali Class.
   Beberapa bulan lalu ada Forum Dragon Nest yang merilis DPS List untuk Cap 90 ini. Barbarian pun berada di Top 5 DPS terbaik. Efeknya banyak Destroyer atau Gladiator yang di Change Job jadi Barbarian. Jujur saya masih merasa DPS Barbarian tidak sebesar apa yang dikabarkan. Mungkin di Cap 80 damage Circle Swing Furynya bisa luar biasa karena efek Buff/Debuff, tapi saya masih belum yakin di Cap 90 ini hasilnya akan sama. Apakah kalian setuju bahwa Barbarian menjadi salah satu Top 5 DPS?
   
Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT
Heraldry + Talisman
Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Wind/Ultimate

Skill Build
Kita lihat Potensi DPSnya dulu yuk
Note: Perhitungan menggunakan Asumsi PATK Barbarian 100k dan tidak Full Buff/Debuff.
Build PVE

Build 2
Build untuk yang suka dengan Punishing Swing

Build 3

Request dari temen Build PVE tanpa Lifesaver (Highlander) dan Crisis Howl

Circle Break
Secara Potensi DPS Circle Break cukup besar dan memiliki Iframe 0.3 detik.
Stomp 
Potensi DPSnya tidak terlalu besar. Saya juga kadang malas melakukan Full Cast (Stomp kedua) untuk skill ini, karena castingnya agak memakan waktu dan damagenya tidak terlalu besar. 
Demolition Fist
Top 2 DPS untuk Barbarian ini wajib untuk dinaikan.
Circle Swing
Skill ini saya sebut paket komplit. Potensi DPS Circle Swing EX paling tinggi, ditambah Circle Swing Fury yang lebih tinggi lagi. Ada bonus tambahan juga Circle Swing INS. Sepertinya Developer kehabisan Skill lain untuk Barbarian :P, semuanya diborong Circle Swing.
Whirlwind
Saya agak sedih karena Whirlwind tidak di Boost lebih besar oleh Developer. Ajaibnya Board Damage Whirlwind lebih kecil bila dibandingkan dengan Circle Swing, belum lagi cooldownnya juga lebih lama. Seperti yang saya bilang sebelumnya, pihak Developer terlalu fokus pada Circle Swing.
Cyclone Axe
Ultimate Skill ini mendapatkan peningkatan yang luar biasa di Cap 90. Berdasarkan Analisis Mercenary Class, damage meningkat 200%-an atau 3x lipat dari damage di Cap 80. Hal ini lah yang menyebabkan Potensi DPSnya bisa melebihi Ultimate Favorit Mercen yaitu Gigantic Bomb. Kelebihan Cyclone Axe adalah kamu tidak dapat di hit (iframe) selama cast dan bisa menyedot musuh yang mendekat (jangan ngarep naga ke sedot). Casting Time untuk Full Hitnya memang agak lama tetapi masih bisa di cancel dengan menggunakan Relieve pada saat cast skill.

Rolling Attack vs Ring Bomb
Berhubung Skill Pointnya terbatas saya hanya bisa memilih antara 2 skill ini yang mana akan dinaikan ke level 11. Berdasarkan tabel di atas, Potensi DPS keduanya tidak berbeda jauh. Dilihat dari kemudahan Full Hitnya, Ring Bomb masih lebih mudah untuk Full Hit daripada Rolling Attack. Ada hal unik lainnya, kadang-kadang Ring Bomb bisa memiliki Damage 2-3x lebih besar dari Normal. Hal itu mirip sekali dengan Applause (Raven + Ripper) dan Binding Shot EX (Tempest). Saya sendiri tidak mengerti bagaimana bisa begitu. Sampai hari ini sih saya selalu bilang itu cuman keburuntungan saja.

Flying Swing + Punishing Swing
Hanya persyaratan saja. Flying Swing + Punishing Swing kalau dihitung punya Potensi DPS yang besar juga, tetapi areanya terlalu kecil.

Bone Crash
Skill yang Wajib Max

Build PVP

Rising Slash + Circle Break 
Semua Warrior Build PVP saya pasti menaikan kedua skill ini untuk kombo.

Stomp 
Stomp wajib dinaikan di PVP karena kenaikan levelnya akan memperlama Debuff Slow untuk musuh. Debuff itu yang membuat saya kadang kesal ketika bertemu Barbarian di Ladder.

Demolition Fist
Skill Pointnya memang tidak ada untuk menaikan skill ini, jadi saya hanya gunakan sebagai pelengkap serangan.

Circle Swing
Area dan damagenya besar terutama untuk musuh dengan Low Def dan menjadi Instan Skill juga, sehingga wajib untuk Max.

Whirlwind
Skill Favorite saya di PVP karena memiliki damage, area dan paralyze yang cukup besar. Saya perhatikan di Ladder, beberapa orang kurang efektif dalam menggunakan skill ini. Mereka menggunakanya setelah cast Bone Crash (ketika masih terpental di udara). Hal itu akan membuat musuh terpantul-pantul ke udara, sehingga damage Whirlwind EX tidak makismal.

Rolling Attack
Saya lihat banyak yang mahir bermain Barbarian di Ladder, sehingga pandai menggunakan Rolling Attack agar bisa Full Hit. Selain pelengkap kombo skill, Rolling Attack juga bisa saya gunakan untuk kabur dari situasi terdesak atau mengejar musuh yang jaraknya lumayan jauh.

Ring Bomb
Super Armor Break, Area dan damagenya lumayan besar. Perasaan saya sih, kadang-kadang Hit Keruntungan(2-3x damage) sering muncul juga di PVP

Flying Swing
Banyak yang lupa atau tidak sadar kalau skill ini memiliki fungsi untuk menahan serangan musuh. Pada saat Cast Flying Swing kita memiliki Super Armor yang lumayan besar dan ada pengurangan damage -70%. Saya biasa gunakan skill ini ketika sedang di Tracking Arrow atau Skill Magic lain yang damagenya besar.

Devitalizing Howl
Saya tidak tahu apa nama skill ini di DN INA, yang jelas skill ini berfungsi untuk menghilangkan Buff dan Silent musuh. Kenaikan levelnya maka akan menghilangkan Buff lebih banyak dan Silent lebih lama. Biasanya saya menggunakan skill ini setelah musuh terkena Bone Crash EX agar tidak bisa escape/counter attack ketika saya melanjutkan kombo dengan Whirlwnd EX.

Bone Crash
Ketika saya melawan Barbarian di Ladder, Skill ini juga termasuk menyebalkan (setelah Stomp EX). Saya sering sudah merasa aman berada di udara, eh ternyata Bone Crash masih bisa menghit saya dari bawah (cuhat mode)

Skill Heraldry
PVE:
1. Whirlwind (damage)
2. Havoc Howl (cooldown)
3. Circle Swing (damage)
4. Taunting Howl (cooldown)
Optional: Cyclone Axe (cooldown), Demolition Fist (CD Reset), Ring Bomb (damage)
*Havoc Howl di DN SEA itu skill yang bisa meningkatkan HP 116%

PVP:
1. Circle Swing (cooldown)
2. Side Kick (action speed)
3. Whirlwind (damage)
4. Cyclone Axe (cooldown)
Optional: Relieve (cooldown)

1 comment: